2

Rindu kemenangan

Teman SMA ku, Anton namanya menjadi salah satu korban jiwa nasionalisku. Terserah banyak orang yang menilai buruk Indonesia, tapi satu yang aku sadari aku tumbuh dan hidup di tanah Indonesia jadi ngga ada alasan bagiku untuk menghujat negara ku sendiri, apalagi menyesali pernah hidup di Indonesia, ngga akan !! Sore itu, si Anton menyapaku lewat chat box di facebook, dia bilang : "Inter Menang" wah wah.. aku ngga tau salah makan apa yang pasti langsung sewot denger dia bilang gitu

"Ambo dak ngertilah kek anak mudo Indonesia jaman sekarang, mengagung-agungkan sepak bola yang dak ado hubungannyo samo sekali kek Indonesia. Emang apo kontribusi Inter, Milan, Italia, MU, Inggris dan kawan-kawan kek kehidupan kamu selaku warga negara Indonesia ?!! idak ado. Kamu orang tu hidup di bumi Indonesia, minum dari air bumi Indonesia. Jadi mending dukung ajo yang udah seharusnyo kito dukung dan doakan kemenangannyo. Noh Tim Thomas-Uber Indonesia lagi berlaga, mempertaruhkan nama negara."

yang kira-kira artinya gini :
"Aku ngga ngerti ama anak muda jaman sekarang, terlalu mengagung-agungkan sepak bola yang jelas ngga ada hubungannya sama sekali sama Indonesia. Emang apa kontribusi Inter, Milan, Italia, MU, Inggris dan kawan-kawan ke kehidupan kita selaku warga negara Indonesia ?!! NGGA ADA. Kita ini hidup di bumi Indonesia, Minum dari air bumi Indonesia. Jadi mending dukung yang udah seharusnya kita dukung sekaligus doakan kemenangannya. Noh, Tim Thimas-Uber Indonesia lagi berlaga mempertaruhkan nama negara."

Yap. bener banget. Badminton fever. Udah seminggu ini aku nonstop mantengin tipi dengan setia mendukung Indonesia. Sepertinya Tim Thomas dan Uber Indonesia udah berusaha maksimal dikejuaraan lambang supremasi bulutangkis dunia kali ini. Perjalanan yang melelahkan, Tim Uber bertemu China yang berada di unggulan pertama di babak semi final dihajar habis 3-0. Hal tersebut membungkam Indonesia harus puas di posisi ke-3 bersama Jepang. Maria Febe dan kawan-kawan harus mengakui keunggulan China. Selain itu, Tim Thomas ngga kalah menegangkan, ketemu China di Final dan juga dibabat habis 3-0. Padahal usaha tim Thomas kita tinggal satu langkah lagi.. Sedih banget, nontonnya sampe pusing, kejar-kejaran skor, smash, jumping smash aarrrgghhh... bisa gilaaa.. Tapi aku tetep salut sama perjuangan mereka.

Eniwe.. kalo bole sedikit berkomentar, aku sebagai pecinta bulutangkis tanah air (saellah) banyak hal yang harus dibenahi, terutama dari segi kualitas pemain. Dominasi pemain China ini emang luar biasa peringkat 1,2,3 dunia ada di mereka. yaaah... mo gimana lagi, diatas kertas emang mereka udah pasti menang atas Indonesia. Tapi ngga ada yang ngga mungkin kan (selamat buat tim Uber Korea :D).
Yang aku perhatiin dan menurutku rada perlu diperbaiki :
  1. Stamina atlet kita itu loh, aduuu... kentara banget capenya kalo udah set ke 3. Nah, untuk masalah yang satu ini kayanya Pelatnas, PBSI ato Menpora sekalian harus sangat serius menanggapi. Atlet kita beneran butuh yang namanya perbaikan gizi.
  2. Sepanjang turnamen Thomas-Uber berlangsung, aku kebetulah rada ngeh ama yang namanya raket putus ato raket patah. Dan ini kejadian beberapa kali sama atlet kita : Meiliani Jauhari mendadak keluar pertandingan disaat melawan cina, ditengah sengitnya adu smash dia keluar lapangan untuk mengganti raket (kan ngga lucu), trus juga Hendra setiawan disaat final melawan cina raketnya juga rada nyeleneh yang mengakibatkan pukulannya ngga maksimal. Aku ngga tau apa yang salah, apakah pukulan atlet kita yang luar biasa dahsyat ato salah di raketnya ?! ayoo..ayoo.. fasilitas harus diperhatikan.
  3. Kayanya regenerasi atlet kita terlalu lamban. Aku lupa siapa namanya, yang pasti dia mantan atlet cina yang seangkatan ama Taufik Hidayat dan sekarang udah jadi pelatih tim cina. Kalo atlet kita gimana ?! ampe tuaa udah nyaris 30 masih dipake juga !!
  4. Nah... kalo masalah yang satu ini keliatannya sepele tapi rada ngefek kalo lagi dilapangan. gini ya, atlet-atlet yang bermata sipit itu (terutama cina) kalo lagi dilapangan itu pedenya tinggi bener dan apapun yang terjadi, mau dapet poin atau kecolongan poin mereka pasti berekspresi. Entah itu dengan teriak, menyeringai, diam terpaku ato apalah.. Dan menurut aku secara kejiwaan hal kecil tersebut sedikit bisa ngebikin sang atlet ngerasa lega. Nah, yang anehnya atlet Indonesia khususnya Simon santoso, Maria Febe dan Maria Kristin kalo lagi tanding itu ya ampuuun anteeenggg bener. Jadi Gerem ngeliatnya. Well, ini cuma masukan aku aja biar mereka terlihat sedikit rileks saat dilapangan (walopun kenyataannya tegang banget).
Yang pasti, instansi yang bersangkutan harus bekerja keras memperbaiki sistem yang eror, entah apapun itu. Dan pastinya buat para atletnya sendiri, tetep semangat, terus berlatih dan tetep bekerja keras untuk mencapai hasil yang maksimal :)..
Wah.. akunya gaya bener yah, peke acara ngasih masukan segala. Tapi bukan berarti akunya sok tau, itu semua karena aku pengen Indonesia semakin jaya, dikenal dunia akan prestasi yang membanggakan.

Rindu mendengar Indonesia Raya berkumandang,
Rindu ngeliat atlet kita lari keliling lapangan seraya mengibarkan merah putih tanda kita juara,
Rindu membawa kembali Thomas-Uber ke tanah air..

Indonesia merindu kemenangan..

2 comments:

cowboy from paradise said...

tidak semua hal harus selalu dikaitkan dengan nasionalisme, dengan mendukung tim sepakbola yang berasal dari negara lain bukan berarti tidak cinta Indonesia dan jangan ada yang bilang kalau hal itu menghujat bangsa sendiri.

jika ingin mengaitkan dengan Indonesia tentu banyak hal yang tidak ada di Indonesia. coba lihat bagaimana keadaan sepakbola Indonesia, apakah tim-tim yang ikut dalam kompetisi di Indonesia sudah pantas dijadikan idola, apakah sudah pantas dikatakan sebagai sarana hiburan???

terkait dengan artikel diatas, mengenai bagaimana saat ini tim Thomas dan Uber Indonesia belum bisa memberikan yang terbaik itu merupakan "pekerjaan rumah" bersama terutama mereka yang terkait langsung ataupun mereka yang sangat-sangat perduli pada badminton.

martabak manis said...

Objek yang dibandingkan didalam tulisan inikan sama : OLAHRAGA. Kalo masalah hujat-menghujat, ngga usah susah banget cari pembuktiannya. Sering banget malah ketemu orang yang menjelekkan, merendahkan, bahkan malu jadi orang Indonesia (udah tau kualitas kita rendah, masiiih juga direndahkan, hal itu Salah besar menurut saya).

Sedah pantaskah sepak bola Indonesia dijadikan idola serta menjadi sarana hiburan ??! Jawabannya tergatung sudut pandang masing-masing individu. Buktinya, walo sejelek apapun prestasi sepak bola Indonesia, penggemarnya lumayan kok. ngga dikit-dikit amat. Sekarang tinggal nanya kediri sendiri, mau mulai suka busuk-indahnya Indonesia ngga ????

yap.. bener.. pekerjaan rumah bersama yang pastinya MASIH SANGAT BUTUH DUKUNGAN RAKYAT INDONESIA..

Post a Comment

Back to Top